Sebutkan 3 Macam Pola Hidup untuk Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi

Sebutkan 3 Pola Hidup untuk Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi - Sebagian besar dari Anda tentu sudah paham betul bahwa pola hidup seseorang akan sangat mempengaruhi penampilan hingga kesehatannya, terlebih pola makan yang cukup berpengaruh pada sistem ekskresi. Meski terdengar cukup remeh, namun sebenarnya sistem ekskresi merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia lho.

Mengapa demikian? Sebab sistem ekskresi yang bermasalah tidak hanya bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman, namun tidak jarang juga menyiksa karena hadirnya rasa mulas atau malah nyeri.

Sebutkan Macam-macam Pola Hidup untuk Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi
Gambar Sistem Ekskresi, sumber: tutorialspoint.com
Sistem ekskresi sendiri merupakan sistem pada pembuangan atau pengeluaran zat-zat yang ada pada makhluk hidup. Beberapa contoh zat sisa adalah karbondioksida, racun, urea dan lain sebagainya.

Nah, untuk menghindari masalah pada sistem ekskresi, berikut 3 macam pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi yang patut Anda coba:
  1. Mengatur Pola Makan
  2. Mencukupi Konsumsi Air Putih
  3. Memaksimalkan Istirahat
Berikut merupakan penjelasan dari masing-masing 3 macam pola hidup di atas:
Mengatur Pola Makan
Salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan dalam menjaga pola hidup adalah pola makan. Terlebih untuk sistem ekskresi yang sangat dipengaruhi oleh apa yang masuk ke dalam tubuh Anda. Sudah tahu bukan bahwa makanan yang direkomendasikan adalah 4 sehat 5 sempurna? Atau jika memang belum bisa, setidaknya pastikan Anda mengonsumsi nasi, sayur dan lauk yang cukup dan bergizi setiap harinya.

Mencukupi Konsumsi Air Putih
Selain makanan, minuman terutama air putih juga menjadi hal yang sangat penting dalam pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi. Mengapa? Sebab air putih ini sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem ekskresi yang paling vital, yakni ginjal dan kulit. Jika organ untuk sistem ekskresi dalam keadaan baik, maka kemungkinan untuk terjadi masalah pada sistemnya akan semakin kecil pula.

Memaksimalkan Istirahat
Hal berikutnya yang juga harus Anda perhatikan betul dalam menjaga sistem ekskresi adalah istirahat. Seperti yang sudah sedikit disinggung tadi, kulit merupakan salah satu organ untuk ekskresi yang penting bagi tubuh. Dengan istirahat yang baik dan cukup, maka keadaan kulit juga akan menjadi lebih baik, sehingga bisa bekerja dengan maksimal nantinya.

Selain dari 3 macam pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa hal lainnya yang perlu Anda lakukan untuk menjaga sistem ekskresi agar tetap sehat, seperti tidak minum alkohol dan merokok, rajin berolahraga dan lainnya.

0 comments :

Post a Comment